Dalam menarik pelanggan atau klien tentunya dibutuhkan cara atau strategi yang tepat agar produk yang ditawarkan dapat respon positif dari calon pembeli. Salah satu strategi untuk menarik calon pembeli adalah dengan pemasaran. Entah bagaimana pemasaran yang dilakukan, haruslah sesuai dengan minat pasar. Begitu banyak aspek yang perlu dipertimbangkan agar pemasaran yang dilakukan tidak sia-sia. Oleh karena itu perlu srategi yang jitu yang sekiranya dapat menarik minat calon pembeli.
Tak diragukan lagi, penggunaan internet cukup marak hampir disemua kalangan baik itu anak-anak maupun orang dewasa, mulai dari pelajar hingga pekerja. Hal ini mengindikasikan begitu penting peran internet dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fenomena ini, tak jarang perusahaan memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka peluang bisnis yang lebih luas. Salah satunya dengan melalui toko online, dimana perusahaan dapat menawarkan dan mengenalkan produk mereka kepada calon konsumen.
Dari banyaknya perusahaan yang telah mencoba strategi pemasaran melalui internet, tidak sedikit dari bisnis mereka yang berkembang dan banyak juga yang telah sukses. Hal ini dinilai banyak pakar marketing sebagai stategi pemasaran yang potensial dan memiliki peluang yang terbuka lebar. Oleh karena itu, bila kita berkeinginan untuk membuka usaha, sangat dianjurkan untuk memanfaatkan internet sebagai strategi pemasaran yang ampuh.
Ada beberapa strategi yang dapat dicoba, selain karena strtaegi ini sudah teruji juga prospektif untuk meningkatkan nilai penjualan perusahaan atau bisnis yang sedang kita kerjakan. Berikut strategi pemasaran
toko online yang bisa dibilang efektif dan efisien:
1. Strategi pemasaran melalui website atau blog Ini merupkan strategi yang paling sering digunakan karena dengan kita memiliki sebuah website atau secara tidak langsung produk kita dapat lebih mudah dikenal oleh calon pelanggan. Mereka bisa melihat produk yang kita tawarkan setiap saat dan entah dimanapun mereka berada.
2. Srategi toko on ine dengan mengoptimalkan website Bagaimana caranya? Yaitu dengan teknik SEO. Apa itu SEO? SEO adalah cara agar website dapat berada di halaman pertama search engine seperti contohnya halaman google, ask, yahoo, bing dan sebagainya. Kenapa? Karena biasanya calon pelanggan dalam mencari produk yang mereka inginkan, mereka akan mulai mencari melalui search engine dengan cara mengetikan kata kunci tertentu. Untuk itu penting untuk kita mempelajari teknik SEO.
3. Memanfaatkan jejaring sosial Jejaring sosial merupakan sesuatu yang sedang booming untuk beberapa tahun terakhir ini. Hal ini bisa kita lihat betapa banyaknya pengguna jejaring sosial dari tahun ke tahun. Kita perhatikan saja facebook yang penggunannya diperkirakan mencapai jutaan bahkan bisa milyaran, belum lagi twitter dan muncul juga jejaring-jejaring sosial buatan lokal seperti contohnya salingsapa. Jadi,untuk itu menawarkan produk melalui jejaring sosial sangat efektif untuk saat ini.
4. Pemasaran melalui email Selain website dan jejaring sosial, kita juga bisa menggunakan email. kenapa? Karena bila kita menggunakan email, tujuan promosikita itu lebih tepat sasaran dan peluangkita untuk mendapatkan calon pembeli juga lebih besar.
5. Bergabung dengan Komunitas atau forum Didalam komunitas atau forum biasanya akan berkumpul banyak orang yang meiliki kesukaan atau minat yang sama. Nah hal ini bisa kita manfaatkan, dengan bergabung dengan komunitas atau forum yang sesuai dengan produk yang kita jual, kita bisa melakukan promosi secara tertarget.
6. Promosi Dengan Iklan Baris Ada 2 cara yang bisa kita lakukan yaitu Promosi dengan iklan baris gratis atau berbayar. Kalau anggaran kita kurang, kita bisa menggunakan yang gratis tapi kalau berlebih bisa menggunakan berbayar. Apa bedanya? Kalau iklan baris yang berbayar akan lebih diprioritaskan untuk tampil di web-web penting dibandingkan iklan baris yang gratis. Contohnya google adword, kita bisa membuat iklan baris kita tampil di halaman google. Dengan cara ini membuat jangkauan promosi kita menjadi lebih luas.
7. Review Produk Review produk merupakan penjelasan tentang produk yang kita jual. Dengan memberikan penjelasan yang baik, jujur dan mudah dipahami. Maka calon pembeli akan tertarik untuk memesan produk yang kita tawarkan.
Referensi:
http://www.bundainbiz.com/strategi-pemasaran-bisnis-toko-online.html
http://suryaerlangga.com/8-strategi-marketing-online-untuk-usaha-anda.html
http://hot.yukbisnis.com/6-strategi-marketing-untuk-toko-online/
http://www.sahabatbisnis.com/strategi-marketing-online-shop/
0 komentar:
Posting Komentar